Mail Merge
Ada
banyak pengertian tentang mail merge dari berbagai sumber . Disini saya akan
menuliskan pengertian mail merge yang saya ketahui dari berbagai sumber (
kumpulan ) :
- Mail Merge adalah kemampuan komputer untuk mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus dari satu sumber surat.Secara Teknis, dibutuhkan dua buah file untuk mengolahnya, yang pertama adalah isi surat sedangkan yang lainnya adalah data kepada surat tersebut di kirimkan .
- Mail Merge adalah Fasilitas dari writter untuk pembuatan surat secara masal .
- Mail Merge adalah Penggabungan dua dokumen menjadi satu dokumen .
- Mail Merge adalah merupakan salah satu aplikasi dari microsoft word untuk membuat surat dalam jumlah besar .
- Di praktikum 4 Penerapan Komputer di bahas tentang Aplikasi pengolahan kata untuk Windows, yaitu Microsoft Word. Inti yang dibahas tentang beberapa fungsi yang ada di Ms. Word :
- Mail Merge
- Page Break
- Table of Content
- Equation Editor
- Autotext table and Thesaurus
Karna
komputer di lab komputer sama di cyber singkkong masih pake Ms. Word 2003 tapi
anak-anak udah lumayan banyak yang pake Ms. Word 2007, jadi di praktikum
kemaren terpaksa gw bikin slide lagi tentang tahap-tahap di Ms.
Word 2007.
Berikut ini reviewnya :
Berikut ini reviewnya :
Mail Merge
Terkadang
kita perlu bikin surat untuk beberapa recipient yang isi dari suratnya
sama. Ato pada kasus pembuatan sertifikat, kita cuma butuh ganti-ganti nama ato
statusnya ( Pembicara, MC, Peserta ). Untuk kasus kaya gitu kita bisa pake
salah satu fungsi yang disediain Ms. Word yaitu Mail Merge.
Untuk Ms. Word 2007, tahapnya adalah sebagai berikut :
Untuk Ms. Word 2007, tahapnya adalah sebagai berikut :
- Buat file-nya ( surat ato sertifikat ). Misal pada surat, yang akan kita buat mail merge-nya adalah Nomor, Kepada, Alamat ( atau bagian lain yang diperlukan )
- Pilih Mailings – Start Mail Merge – Step by Step Mail Merge Wizard
Saatnya step-by-step Mail Merge :
Step 1
Saat muncul jendela Mail Merge di sebelah kanan, default yang terpilihnya adalah Letters.
Step 1
Saat muncul jendela Mail Merge di sebelah kanan, default yang terpilihnya adalah Letters.
Klik Next:
Starting document
Step 2
Di step 2 ini, default yang muncul adalah Use the current document ( artinya kita hanya akan mengunakan document yang kita buka untuk proses Mail Merge)
Klik Next: Select recipients
Di step 2 ini, default yang muncul adalah Use the current document ( artinya kita hanya akan mengunakan document yang kita buka untuk proses Mail Merge)
Klik Next: Select recipients
Step 3
Asumsikan kita beum memiliki daftar penerima untuk Mail Merge, maka
Asumsikan kita beum memiliki daftar penerima untuk Mail Merge, maka
o
Pilih Type a new list,
o
Pilih Create
Akan
muncul jendela baru dimana pada kolomnya tertera “Title”, “Last Name”, dll.
Karna bukan itu yang kita butuhkan, maka kita pilih Costumize Columns
o
Hapus “Title”, “First Name”, dan
semua daftar yang ada satu persatu
o
Jika daftar telah kosong, sekarang
kita tambahkan dengan meng-klik tombol Add
o
Ketik Nomor
o
Klik tombol OK
o
Lakukan juga penambahan untuk Kepada
dan Alamat sampai hasilnya kaya gini,
o
Kalau udah, klik tombol OK
o
Pada jendela baru yang muncul (New
Address List), silahkan isi data pada baris pertama
o
Untuk menambahkan data baru, klik
aja tombol New Entry, trus isi lagi deh
o
Kalo dirasa daftar namanya udah
cukup, klik tombol OK
o
Saat tampil jendela Mail Merge
Recipients, pastikan semua nama telah ter-centang (lupa neh bahasa
bakunya )
o
Kalo udah yakin semua nama ter-centang, klik
tombol OK
o
Klik Next: Write your letters
Step 4
22. Letakkan cursor di bagian yang akan kita tempatkan Nomor surat
23. Klik menu More Items
24. Pilih Nomor
25. Klik tombol Insert
26. Klik tombol Cancel
27. Ulangi langkah 1 sampai 5 untuk mengisi Nomor dan Alamat
28. Hasilnya nanti kaya gini
Klik
menu Next: Preview you letters
Step 5
Pada tahap ini kita diperlihatkan hasil dari Mail Merge. Karna kita telah membuat 2 recipient, maka kita dapat melihatnya dengan meng-klik tombol panah >> atau <<
Step 5
Pada tahap ini kita diperlihatkan hasil dari Mail Merge. Karna kita telah membuat 2 recipient, maka kita dapat melihatnya dengan meng-klik tombol panah >> atau <<
Step 6
Kita telah selesai membuat Mail Merge…
Kalau mau langsung print bisa mengklik menu Print atau jika ingin meng-edit individual bisa mengklik menu Edit individual letters.
Saat kita memilih Edit individual letters, maka masing-masing nama akan tampil di masing-masing halamannya.
Kita telah selesai membuat Mail Merge…
Kalau mau langsung print bisa mengklik menu Print atau jika ingin meng-edit individual bisa mengklik menu Edit individual letters.
Saat kita memilih Edit individual letters, maka masing-masing nama akan tampil di masing-masing halamannya.
Cara Membuat Label di Microsoft Word 2007
Pada artikel ini saya akan membahas tentang cara pembuatan label di Microsoft Office Word 2007. Banyak orang yang belum mengerti atau belum bisa untuk membuat label. Maka pada kesempatan ini mari kita belajar agar kita mengerti pembuatan label pada Microsoft Office Word 2007. Berikut Langkah – langkah pembuatan label :1. Anda buka microsoft office word 2007
2. Kemudian anda klik tab “ mailing “
3. Selanjutnya klik “ Labels ” yang terletak pada group “ create “
4. Muncul “ Envelopes and labels “ klik pada tombol “options”
5. Setelah itu akan muncul “ labels options “
6. Anda juga bisa melihat berbagai merk label, untuk memulai membuat label anda klik “new label”
- Label name : untuk menuliskan nama label yang sesuai kita inginkan
- Top margin : ukuran batas kertas atas sampai batas kertas label paling atas
- Side margin : ukuran batas kertas sebelah kiri sampai batas kertas label paling kiri
- Vertical pitch : ukuran keatas
- Horizontal pitch : ukuran kebawah
- Page size : ukuran pada halaman
- Page width : lebar halaman
8. Setelah itu Anda masuk dalam “envelopes and label“ pada jendela tersebut akan muncul label yang Anda buat. Seperti dibawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar